Rakor, Sosialisasi dan Pembentukan Tim Pembangunan Zona Integritas FIB-UNEJ

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember, Prof. Dr. Sukarno, M.Litt pada Jumat, 22 Maret 2024 memimpin Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Penerapan Zona Integritas di ruang sidang dekanat.

Dalam paparannya, Sukarno menekankan pentingnya menjalankan tugas pokok pelayanan dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai ada gratifikasi atau menerima pemberian dalam bentuk apapun dalam melayani mahasiswa maupun alumni,” tegas Sukarno.

Sukarno menekankan kepada semua dosen dan tenaga kependidikan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada mahasiswa dan alumni yang membutuhkan layanan.

Sukarno menyampaikan bahwa sosialisasi dan rapat kordinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat dengar dengan seluruh dekan dan pimpinan Universitas Jember di Surabaya. “Ini sebagai Penguatan Integritas Esosistem Perguruan Tinggi Negeri (PIE-PTN) di Universitas Jember,” terangnya.

Untuk penguatan itu, Sukarno bersama pimpinan fakultas membentuk Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember Tahun 2024.

Sebagai penanggung jawab, sebagai ketua adalah Prof. Dr. Sukarno, M.Litt

beberapa bidang yang terbentuk adalah:

  1. Bidang Area Manajemen Perubahan
  2. Bidang Area Penataan Tatalaksana
  3. Bidang Area Penataan Manajemen SDM
  4. Bidang Area Penguatan Akuntabilitas Kinerja
  5. Bidang Area Penugasan Wawasan, dan
  6. Bidang Area Peningkatan Kualitas Layanan

Lebih lanjut Sukarno menghimbau dan menekankan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk memberikan pelayanan prima dan tidak menerima pemberian baik dari mahasiswa dan alumni dalam bentuk apapun. Sukarno juga menghimbau kepada mahasiswa dan alumni untuk tidak memberikan sesuatu dalam bentuk apapun dalam menerima pelayanan baik kepada pembimbing akademik, pembimbing skripsi, penguji atau kepada tenaga kependidikan.

Selanjutnya tim yang terbentuk diharapkan bisa bekerja dengan sebaik-baiknya. Tim yang terbentuk segera mensosialisasikan penerapan Zona Integritas dengan menempatkan informasi layanan Zona Integritas, himbauan larangan memberikan pemberian dalam bentuk apapun, kampus bebas korupsi, dsb.

Sukarno juga akan memberikan peringatan dan sanksi kepada yang memberikan dan yang menerima bentuk gratifikasi dalam bentuk apapun.

Ketua Gugus Penjaminan Mutu, Dra. Supiastutik, M.Pd menyambut baik pembentukan Tim Pembangunan Zona Integritas dari Dekan Fakutas Ilmu Budaya Universitas Jember. Supiastutik juga menyarankan tindaklanjut dari tim yang sudah terbentuk untuk koordinasi rutin.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *